Selasa, 29 November 2011

PENGERTIAN MANEJEMEN KANTOR




1.  Manajemen Kantor adalahPerencanaan,
pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasiandanpengawasanpekerjaanketatausahaanuntukmencapaitujuan yang telahdiperkirakan
2.  Manajemen Kantor adalahseluruhkegiatanpenataan yang berhubungandenganpelaksanaantatausahasebuahorganisasi agar proses tersebutmampumenyediakaninformasi yang bermaknabagi proses pembuatankeputusan




Dua sudut penglihatanManajemen Kantor

oDari sudutmanajemen : Manajemenkantormerupakankegiatanuntukmerencanakan, mengarahkan, mengendalikan, mengoordinasikan, mengawasi, mengurus, menyekbpurnakandanmenertibkantatausahakantor
oDari sudutsasaran: manajemenkantoradalahsegalakegiatanpenataan yang ditujukankepadasegalahal yang berhubungandenganpelaksanaantatausahadalamsistemperkantoranuntukmencapaisasarnorganisasi



Aktifitasdanjasa Tata Usaha

1.  Kegiatankomunikasi
2.  Kegiatankalkulasi
3.  PengolahanWarkat
4.  Penyusunanlaporan
5.  Kegiatan yang mengikutiprosedurrutin





Proses Manajemen Kantor

oPerencanaankantor
Meliputisegalaaktivitasperamalanmengenaihalihwal yang harusdilakanakandanacara-carapelaksanaannyadalambidangtatausahakantor. Maksudperencanaankantoradalahmencapaiefesien yang tertinggidalampelaksanaantatausahatersebut.Perencanaankantordapatmeliputiperencanaanprosedur, perbekelalandanatataruangkantor




Pengorganisasian kantor

oSuatu proses penyusunankerjasamaantaraelemen-elemenkantoruntukmencapaitujuantertentu.
oAdalahsuatusistimkerjasama yang meliputipolapembagiankerja, susunanhubungankerja, lelulintaswewenangdantanggungjawabantaraparapetugasdanstrukturhubungantersebut.





Pengordinasian kantor

Merupakansuatukegiatanuntukmenjaminkerjasamadanpartisipasisejumlahkegiatankantor.
Pengawasankantor (Pengendalian )
        Merupakansalahsatufungsidarirangkaian proses manaj.kantor yang meliputiseluruhkegiatanpimpinanorganisasikantor yang meneliti, menyesuaikandanmengoreksikegiatanketatausahaan agar pelaksanaantepatsepertirencana.




TUJUAN KANTOR

1.  PenerimaanInformasi
2.  Pencatataninformasi
3.  Penyusunaninformasi
4.  PemberianInformasi
5.  Perawatanaktiva
6.  PenerimaanInformasi
7.  Pencatataninformasi
8.  Penyusunaninformasi
9.  PemberianInformasi
10.  Perawatanaktiva




Aspek Manajemen Kantor

1. Tujuan, yang dapatdirumuskanuntukmenilaidanmenetapkankeberhasilanmengarahkandanmengkoordinasianelmen-elemenmanajemen
2. Organisasi, meliputikegiatanpembentukanstafdanalokasitugasuntukstaftersebut
3. Metodeadalahurutanpelaksanaanbagaimanadana di manapelaksanaanmanajemendilangsungkan.
4. Personalia, meliputiperekrutanstaf,    

tempat, latihan, danpengehntiankaryawan

5. Lingkungan, meliputibangunankantor, perabotdankondisijasmani di dalamkantor
6. Mesindanperlengkapan, mencakupsegenapbendamati yang digunakan dalam kantor untuk membantu pelaksanaan kerja.


Daftar Pustaka
Manajemen kantor.
1.1       PENGERTIAN MANAJMEN KANTOR
1.2       Dua sudut penglihatan Manajemen Kanto
1.3       Aktifitasdanjasa Tata Usaha
1.4       Proses Manajemen Kantor
1.5       Pengorganisasian Kantor
1.6       Pengordinasian Kantor
1.7       Tujuan kantor
1.8       Aspek Manjemen Kantor.
Sumber : www.wikipedia.com















Tidak ada komentar:

Posting Komentar