Selasa, 25 Maret 2014

LAPORAN KOMITMEN DAN KONTIGENSI

2.4 Laporan Komitmen Dan Kontigensi
Pengertian
          Komitmen bank adalah suatu ikatan atau kontrak atau berupa janji yang tidak dapat dibatalkan (irrevocable) secara sepihak oleh bank baik dalam rupiah maupun valuta asing. Komitmen disajikan dalam laporan komitmen dan kontijensi tanpa pos lawan. Tagihan komitmen atara lain :
Fasilatas pinjaman yang diterima dari pihak lain yang belum ditarik posisi pembelian valuta asing dll.
Laporan Kontijensi
          Kontijensi adalah suatu keadaan yang masih diliputi ketidakpastian mengenai kemungkinan diperolehnya tanpa laba atau rugi oleh suatu perusahaan yang baru akan terselesaikan dengan terjadi atau tidak terjadinya satu atau lebih peristiwa dimasa yang akan datang. Pengungkapan akan peristiwa kontijensi diharuskan dalam laporan keuangan.
          Kontijensi atau lebih dikenal dengan peristiwa atau transaksi yang mengandung syarat merupakan transaksi yang paling banyak ditemukan dalam kegiatan bank sehari-hari. Kontijensi yang dimiliki oleh suatu bank dapat berakibat tagihan atau kewajiban bagi bank yang bersangkutan.
Istilah kewajiban bersyarat digunakan untuk menyatakan kewajiban yang kemungkinan timbulnya tergantung pada terjadi atau tidaknya suatu peristiwa dimasa yang akan datang, dan dengan demikian pada tanggal neraca belum terdapat kepastian mengenai ada tidaknya kewajiban tersebut. Dalam perkembangan akuntasi, bidang yang paling awal berkembang adalah akuntasi keuangan. Seiring dengan perkembangan industry yang sangat pesat karena kebutuhan akan informasi, maka berkembanglah bidang-bidang lain seperti akuntasi manajemen, auditing, akuntansi perpajakan, akuntasi sector publik, system informasi akuntansi, akuntasi keperilakuan dan perkembangan terakhir khususnya di Indonesia adanya konsep akuntasi syariah.

          Bidang akuntasi dapat dipandang dari berbagai sudut padang sehinggan memperkaya bidang akuntasi, akuntasi manajemen menghasilkan informasi untuk pihak internal perusahaan (internal user), sedangkan akuntasi keuangan menghasilkan informasi utuk pihak eksternal perusahaan (external user)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar