1. Aktivitas
Bisnis Dalam Aplikasi Siklus Pendapatan dan Pengeluaran
a.Siklus
Pendapatan
Siklus
pendapatan adalah rangkaian aktivitas bisnis dan kegiatyan pemrosesan informasi
terkait yang terus berulang dengan menyediakan barang dan jasa ke para
pelanggan dan menagih kas sebagai pembayaran dari penjualan-penjualan tersebut.
Terdapat empat aktivitas dasar bisnis yang dilakukan dalam siklus pendapatan:
1.Entri
Pesanan Penjualan
-
Mengambil
Pesanan dari pelanggan
-
Memeriksa
dan menyetujui kredit pelanggan
-
Memeriksa
ketersediaan persediaan
2.Pengiriman
Aktivitas dasar kedua dalam siklus pendapatan
adalah memenuhi pesanan pelanggan dan mengirimkan barang dagangan yang
diinginkan tersebut. Proses ini terdiri dari dua tahap :
-
Mengambil
dan mengepak pesanan
-
Mengirim
pesanan tersebut
3.Penagihan
Dan Piutang Usaha
Aktivitas dasar ketiga dalam siklus
pendapatan, melibatkan :
-
Penagihan
ke para pelanggan
-
Memelihara
data piutang usaha
4.Penagihan
Kas
-
Menangani
kiriman uang pelanggan
-
Menyimpannya
ke bank
b.Siklus
Pengeluaran
Siklus
pengeluaran (expenditure cycle) adalah rangkaian kegiatan bisnis dan
operasional pemrosesan data terkait yang berhubungan dengan pembelian serta
pembayaran barang dan jasa (Romney & Steinbert 2000)
Tujuan Siklus
Pengeluaran
-
memastikan
bahwa barang atau jasa dipesan sesuai kebutuhan
-
meneriman
semua barang yang dipesan dan memastikan barang tersebut dalam kondisi baik
-
Mengamankan
barang hingga diperlukan
-
Memastikan
bahwa faktur berkaitan dengan barang atau jasa yang sah dan benar
-
Mencatat
dan mengklasifikasikan pengeluaran dan pengeluaran kas dengan cepat dan akurat
-
Mem-posting
kewajiban dan pengeluaran kas pada rekening supplier yang tepat pada buku besar
dan buku pembatu hutang
-
Memastikan
bahwa semua pengeluaran kas sesuai dengan pengeluaran yang telah diotorisasi
Pada siklus pengeluaran terdapat 3
aktivitas dasar bisnis yaitu :
1.Memesan
barang, persediaan, dan jasa
Aktivitas
pertama dalam siklus pengeluaran adalah memesan persediaan atau perlengkapan. Keputusan
penting yang dibuat dalam langkah ini adalah mengindentifikasi apa, kapan, dan
berapa banyak yang dibeli, dam dari pemasok mana akan dibeli. Dokumen yang
dibuat dalam proses pemesanan barang adalah pesanan pembelian (purchase order).
2.Menerima
dan menyimpan barang, persediaan, dan jasa.
Aktivitas
kedua dalam siklus pengeluaran adalah penerimaan dan penyimpanan barang yang
dipesan. Bagian penerimaan bertanggung jawab untuk mengecek dan menerima
kiriman dari para pemasok. Dokumen yang dibuat dalam proses penerimaan barang
adalah laporan penerimaan barang adalah laporan penerimaan barang adalah
laporan penerimaan (receiving report)
3.Membayar
untuk barang, persediaan, dan jasa
Aktivitas
ketiga dalam siklus pengeluaran adalah menyetujui faktur penjualan dari vendor
untuk pembayaran. Bagian utang usaha menyetujui faktur penjualan untuk dibayar
dan kasir bertanggung jawab untuk melakukan pembayaran.
2. Batasan
Aplikasi Siklus Pendapatan Dan Pengeluaran
b.Pengertian
Proses
bisnis adalah suatu kumpulan aktivitas atau pekerjaan terstruktur yang saling
terkait untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu atau yang menghasilkan
produk atau layanan (demi meraih tujuan tertentu). Suatu proses bisnis dapat
dipecahkan menjadi beberapa subproses yang masing-masing memiliki atribut
sendiri tapi juga berkontribusi untuk mencapai tujuan dari superprosesnya. Analisis
proses bisnis umumnya melibatkan pemetaan proses dan subproses di dalamnya
hingga tingkatan aktivitas atau kegiatan.
Beberapa karakteristik umum yang
dianggap haru dimiliki suatu proses bisnis yaitu :
1.
Definitif
: suatu proses bisnis harus memiliki batasan, masukan, serta keluaran yang
jelas
2.
Urutan
: suatu proses bisnis harus terdiri dari aktivitas yang berurut sesuai waktu
dan ruang
3.
Pelanggan
: Suatu proses bisnis harus mempunyai penerima hasil proses
4.
Nilai
tambahan : Transformasi yang terjadi dalam proses nharus memberikan nilai
tambahan pada penerima
5.
Keterkaitan
: Suatu proses tidak dapat berdiri sendiri, melainkan harus terkait dalam suatu
struktur organisasi
6.
Fungsi
silang : Suatu proses umumnya, walaupun tidak harus, mencakup beberapa fungsi.
Tipe Proses Bisnis
Terdapat Tiga Jenis Proses Bisnis :
1.
Proses
manajemen, yakni proses yang mengendalikan operasional dari sebuah system. Contoh
(Semisal Manajemen Strategis)
2.
Proses
operasional, yakni proses yang meliputi bisnis inti dan menciptakan aliran
nilai utama. Contoh (Semisal Prose Pembelian, Manufaktur, Pengiklanan dan
Pemasaran, dan penjualan)
3.
Proses
pendukung, yang mendukung proses inti contoh ( semisal akunting, rekruitmen. Pusat
bantuan).
3. Proses
Dalam Aplikasi Siklus Pendapatan Dan Pengeluaran
Sia harus menediakan informasi
operasional yang dibutuhkan untuk melakukan fungsi-fungsi berikut ini :
-
Merespons
pertanyaan pelanggan mengenai saldo akun dan status pesan
-
Memutuskan
apakah kredit pelanggan tertentu dapat ditambah atau tidak
-
Menentukan
ketersediaab persediaan
-
Memutuskan
jangka waktu kredit yang ditawarkab
-
Menentukan
harga produk dan jasa
-
Menetapakan
kebijakan mengenai retur penjualan dan garansi
-
Memilih
metode untuk mengirim barang
Apakah contoh informasi tambahan yang
seharusnya SIA sediakan :
-
Waktu
repons terhadap pertanyaan pelanggan
-
Waktu
yang dibutuhkan untuk memenuhi dan mengirim pesan
-
Persentase
penjualan yang membutuhkan pemesanan ulang
-
Kepuasan
pelanggan
-
Analisis
pangsa pasar dan tren penjualan
-
Analisis
profitabilitas berdasarkan produk, pelanggan, dan area penjualan
4. Diagram Aliran Data
a.Siklus Pendapatan
Diagram
aliran data pada pemrosesan order penjualan
1. Order
2. Order Penjualan
3. Order penjualan di ACC
4. Order Pengiriman
5. Slip Pengepakan
6. Memo Penagihan
7. Nota Pengiriman
8. Pengiriman
9. Nota Pengiriman
10. Faktur
11. Memo Pemindahan buku
12. Voucer Jurnal
Keterangan
PD = Piutang
Dagang PGRMN =
Pengiriman
BB = Buku
Besar CUSTM
= Pelanggan
PNGHN =
Penagihan
OP= Order
Penjualan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar