Selasa, 12 November 2013

5. Aplikasi-Aplikasi Siklus Pendapatan dan Pengeluaran


1.    Aktivitas Bisnis Dalam Aplikasi Siklus Pendapatan dan Pengeluaran
a.Siklus Pendapatan
            Siklus pendapatan adalah rangkaian aktivitas bisnis dan kegiatyan pemrosesan informasi terkait yang terus berulang dengan menyediakan barang dan jasa ke para pelanggan dan menagih kas sebagai pembayaran dari penjualan-penjualan tersebut. Terdapat empat aktivitas dasar bisnis yang dilakukan dalam siklus pendapatan:

1.Entri Pesanan Penjualan
-       Mengambil Pesanan dari pelanggan
-       Memeriksa dan menyetujui kredit pelanggan
-       Memeriksa ketersediaan persediaan

2.Pengiriman
Aktivitas dasar kedua dalam siklus pendapatan adalah memenuhi pesanan pelanggan dan mengirimkan barang dagangan yang diinginkan tersebut. Proses ini terdiri dari dua tahap :
-       Mengambil dan mengepak pesanan
-       Mengirim pesanan tersebut

3.Penagihan Dan Piutang Usaha
Aktivitas dasar ketiga dalam siklus pendapatan, melibatkan :
-       Penagihan ke para pelanggan
-       Memelihara data piutang usaha

4.Penagihan Kas
-       Menangani kiriman uang pelanggan
-       Menyimpannya ke bank

b.Siklus Pengeluaran
            Siklus pengeluaran (expenditure cycle) adalah rangkaian kegiatan bisnis dan operasional pemrosesan data terkait yang berhubungan dengan pembelian serta pembayaran barang dan jasa (Romney & Steinbert 2000)
Tujuan Siklus Pengeluaran
-       memastikan bahwa barang atau jasa dipesan sesuai kebutuhan
-       meneriman semua barang yang dipesan dan memastikan barang tersebut dalam kondisi  baik
-       Mengamankan barang hingga diperlukan
-       Memastikan bahwa faktur berkaitan dengan barang atau jasa yang sah dan benar
-       Mencatat dan mengklasifikasikan pengeluaran dan pengeluaran kas dengan cepat dan akurat
-       Mem-posting kewajiban dan pengeluaran kas pada rekening supplier yang tepat pada buku besar dan buku pembatu hutang
-       Memastikan bahwa semua pengeluaran kas sesuai dengan pengeluaran yang telah diotorisasi
Pada siklus pengeluaran terdapat 3 aktivitas dasar bisnis yaitu :
1.Memesan barang, persediaan, dan jasa
            Aktivitas pertama dalam siklus pengeluaran adalah memesan persediaan atau perlengkapan. Keputusan penting yang dibuat dalam langkah ini adalah mengindentifikasi apa, kapan, dan berapa banyak yang dibeli, dam dari pemasok mana akan dibeli. Dokumen yang dibuat dalam proses pemesanan barang adalah pesanan pembelian (purchase order).

2.Menerima dan menyimpan barang, persediaan, dan jasa.
            Aktivitas kedua dalam siklus pengeluaran adalah penerimaan dan penyimpanan barang yang dipesan. Bagian penerimaan bertanggung jawab untuk mengecek dan menerima kiriman dari para pemasok. Dokumen yang dibuat dalam proses penerimaan barang adalah laporan penerimaan barang adalah laporan penerimaan barang adalah laporan penerimaan (receiving report)

3.Membayar untuk barang, persediaan, dan jasa
            Aktivitas ketiga dalam siklus pengeluaran adalah menyetujui faktur penjualan dari vendor untuk pembayaran. Bagian utang usaha menyetujui faktur penjualan untuk dibayar dan kasir bertanggung jawab untuk melakukan pembayaran.

2.    Batasan Aplikasi Siklus Pendapatan Dan Pengeluaran
b.Pengertian
            Proses bisnis adalah suatu kumpulan aktivitas atau pekerjaan terstruktur yang saling terkait untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu atau yang menghasilkan produk atau layanan (demi meraih tujuan tertentu). Suatu proses bisnis dapat dipecahkan menjadi beberapa subproses yang masing-masing memiliki atribut sendiri tapi juga berkontribusi untuk mencapai tujuan dari superprosesnya. Analisis proses bisnis umumnya melibatkan pemetaan proses dan subproses di dalamnya hingga tingkatan aktivitas atau kegiatan.

Beberapa karakteristik umum yang dianggap haru dimiliki suatu proses bisnis yaitu :
1.    Definitif : suatu proses bisnis harus memiliki batasan, masukan, serta keluaran yang jelas
2.    Urutan : suatu proses bisnis harus terdiri dari aktivitas yang berurut sesuai waktu dan ruang
3.    Pelanggan : Suatu proses bisnis harus mempunyai penerima hasil proses
4.    Nilai tambahan : Transformasi yang terjadi dalam proses nharus memberikan nilai tambahan pada penerima
5.    Keterkaitan : Suatu proses tidak dapat berdiri sendiri, melainkan harus terkait dalam suatu struktur organisasi
6.    Fungsi silang : Suatu proses umumnya, walaupun tidak harus, mencakup beberapa fungsi.

Tipe Proses Bisnis
Terdapat Tiga Jenis Proses Bisnis :
1.    Proses manajemen, yakni proses yang mengendalikan operasional dari sebuah system. Contoh (Semisal Manajemen Strategis)
2.    Proses operasional, yakni proses yang meliputi bisnis inti dan menciptakan aliran nilai utama. Contoh (Semisal Prose Pembelian, Manufaktur, Pengiklanan dan Pemasaran, dan penjualan)
3.    Proses pendukung, yang mendukung proses inti contoh ( semisal akunting, rekruitmen. Pusat bantuan).

     3.  Proses Dalam Aplikasi Siklus Pendapatan Dan Pengeluaran
Sia harus menediakan informasi operasional yang dibutuhkan untuk melakukan fungsi-fungsi berikut ini :
-       Merespons pertanyaan pelanggan mengenai saldo akun dan status pesan
-       Memutuskan apakah kredit pelanggan tertentu dapat ditambah atau tidak
-       Menentukan ketersediaab persediaan
-       Memutuskan jangka waktu kredit yang ditawarkab
-       Menentukan harga produk dan jasa
-       Menetapakan kebijakan mengenai retur penjualan dan garansi
-       Memilih metode untuk mengirim barang

Apakah contoh informasi tambahan yang seharusnya SIA sediakan :
-       Waktu repons terhadap pertanyaan pelanggan
-       Waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi dan mengirim pesan
-       Persentase penjualan yang membutuhkan pemesanan ulang
-       Kepuasan pelanggan
-       Analisis pangsa pasar dan tren penjualan
-       Analisis profitabilitas berdasarkan produk, pelanggan, dan area penjualan

4. Diagram Aliran Data
a.Siklus Pendapatan
Diagram aliran data pada pemrosesan order penjualan

pendapatan.JPG
1. Order
2. Order Penjualan
3. Order penjualan di ACC
4. Order Pengiriman
5. Slip Pengepakan
6. Memo Penagihan
7. Nota Pengiriman
8. Pengiriman
9. Nota Pengiriman
10. Faktur
11. Memo Pemindahan buku
12. Voucer Jurnal

Keterangan
PD = Piutang Dagang                         PGRMN = Pengiriman
BB = Buku Besar                                CUSTM = Pelanggan
PNGHN = Penagihan
OP= Order Penjualan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar