Kamis, 14 November 2013

5.2 Aplikasi-Aplikasi Siklus


Siklus adalah yang terdiri dari kegitan-kegiatan yang berhubungan dengan suatu proses pengindentifikasian, pengukuran, pelaporan informasi ekonomi. Definisi siklus akuntansi, yang dikemukakan Michell Surharli (2006:49) bahwa pengertian siklus akuntansi adalah urutan transaksi, peristiwa, aktivitas, dan proses dari awal sampai akhir dimulai dari awal seperti lingkaran yang tidak pernah putus .

Sedangkan pengertian siklus akuntansi menurut Sofyan Syarid Harahap (2003:16) dalam bukunya Teori Akuntansi bahwa “Proses akuntansi adalah proses pengolahan data sejak terjadinya transaksi, kemudian transaksi ini memiliki bukti yang sah sah sebagai dasar terjadinya transaksi kemudian berdasarkan data atau bukti ini, maka diinput keprosesan pengolahan data sehingga menghasilkan output berupa informasi laporan keuangan”

Kesimpulan dari kedua defenisi diatas, siklus akuntasi merupakan suatu proses pengolahan data yang terdiri dari urutan transaksi yang berdasarkan bukti transaksi , sehingga dapat menghasilkan informasi laporan keuangan.

Tahap-Tahap Siklus Akuntansi

Dalam siklus akuntasi terdapat tahap-tahap proses pengolahan data, yang saling berurutan hingga menghasilkan suatu informasi keuangan. Tahap-tahap dalam siklus akuntasi menurut Ely Suhayati dan Sri Dewi Anggadini (2005:16) sebagai berikut :

a. Tahapan Pencatatan

1.       Pembuatan atau penerimaan bukti transaksi
2.       Pencatatan dalam jurnal ( buku harian )
3.       Pemindahan bukuan ke buku besar

b. Tahapan Pengihtisaran

1.       Pembuatan neraca saldo ( trial balance )
2.       Jurnal penyesuaian
3.       Neraca aldo disesuaikan
4.       Perhitungan rugi laba dan neraca
5.       Penyusunan laporan keuangan
6.       Jurnal penutup
7.       Pembuatan neraca saldo penutup
8.       Jurnal pembalik

c. Tahap Pelaporan

1.       Laporan keuangan
2.       Jurnal penutup

3.       Neraca saldo setelah penetupan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar