Proses Pengambilan Keputusan Dalam
Organisasi
PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM SUATU ORGANISASI
Pengambilan keputusan dalam berorganisasi merupakan suatu
hal yang penting untuk diperhatikan dalam berorganisasi. Dalam hidup
berorganisasi yang etrdiri dari beberapa individu yang memiliki cara pandang
serta pemikiran yang benerka ragam. Perlu adanya suatu kata mufakat agar
organisasi dapat berjalan sebagaimana mestinya. Untuk itu perlu diperhatikan
proses pengambilan keputusan dalam berorganisasi. Adapun metode atau proses
pengambilan keputusan dapat kita tembuh malelui langkah-langkah berikut:
A. Identifikasi masalah
Dalam mengambil suatu keputusan, terlebih dahulu kita harus
mengetahui selub belu permasalahan yang akan kita selesaikan. Agar tidak terkadi
kesalahan dalam engambilan keputusan.
B. Mengambil alternative
keputusan
Setelah kita mengetahui akar permasalahan yang tengah
dihadapi, maka selanjutnya kita akan mengambil beberapa alternative pemecahan
masalah terbaik yang dapat dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut.
C. Penentuan /
pengambilan keputusan
Pada tahap ini, beberapa alternative penyelesaian masalah
dirundingkan secara mufakat untuk mengambil keputusan terbaik dalam
menyelesaikan masalah tersebut. Dalam pengambilan keputusan ini, dilakukan
secara mufakat agar tidak merugikan pihak manapun.
D. Pengawasan terhadap
keputusan yang telah di ambil
Setelah keputusan di ambil, tidak serta merta semua masalah
telah dipercahkan. Namun kita perlu mengawasi bahwa keputusan yang telah di
ambil secara mufakat tersebut dijalankan sampai suatu masalah tersebut
diselesaikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar