Rabu, 23 Oktober 2013

TINJAUAN SEKILAS SISTEM INFORMASI AKUNTASI





Pengertian
·         
      Sebuah system adalah kumpulan sumberdaya yang saling berhubungan untuk mencapai tujuan tertentu

·         Sebuah system adalah sekelompok dua atau lebih komponen-komponen yang saling berkaitan atau subsistem-subsistem yang bersatu untuk mencapai tujuan yang sama

·         Informasi adalah data yang berguna yang diolah sehingga dapat dijadikan dasar untuk mengambil keputusan

·         Informasi adalah salah satu sumber daya bisnis yang vital yang berguna dalam pengambilan keputusan baik bagi pihak internal maupun eksternal



PIRAMIDA TINGKATAN INFORMASI DALAM ORGANISASI



Manaj. Puncak                      :  Strategis
                                                                       
Manaj. Menengah                 : Taktik, Operasional

Manaj. Bawa                         : Orientasi Transaksi


Sistem Informasi adalah contoh sebuah rangkain prosedur formal dimana data dikumpulakan, diproses, menjadi informasi, dan didistribusikan kepada para pemakai
Istilah SIstem Informasi menganjurkan penggunaan teknologi computer di dalam organisasi untuk menyajikan informasi kepada pemakai
Sistem Informasi berbasis komputer merupakan sekelompok perangkat keras dang perangkat lunak yang dirancang untuk mengubah data menjadi informasi yang bermanfaat
Sisrtem Informasi akuntansi adalah kumpulan sumber daya, seperti manusia dan peralatan, yang di atur untuk mengubah data menjadi informasi, baik secara manual atau terkomputerisasi, yang di komunikasikan kepada beragam pengambilan keputusan




Akuntansi&TeknologiInformasi
Teknologi informasi berdampak significan terhadap system informasi akuntansi pada suatu perusahaan.
Diantara lainnya adalah pada pemrosesan data yang mengalami perubahan dari manual ke system komputer. Proses ini sangat mempengaruhi proses audit,
karena audit memerlukan laporan keuangan sebagai objeknya. Dengan begitu, audit juga mengalami kemajuan dalam hal teknologi informasi.
Karena jika mereka tidak mengalami kemajuan, akan berdampak tidak baik dengan klien perusahaan yang terbiasa dengan kemudahan-kemudahan yang ada.
Peran teknologi informasi dalam membantu proses akuntansi dalam perusahaan/organisasi telah lama berlangsung.
Alasan utama penggunaan IT dalam akuntansi ialah efisiensi, penghematan waktu dan biaya. Alasan lain termasuk peningkatan efektifitas, mencapaihasil/output laporan keuangan dengan benar.
Sistem Informasi akuntansi, dimana system berbasis computer yang dirancang untuk menstransformasi data akuntansi menjadi informasi.
Suatu system didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi, mendukung operasi, bersifat manajerial, dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.


AKUNTAN DAN PENGEMBANGAN
Perkembangan  system informasi sangat berpengaruh pada akuntan atau pelaku (user) akuntansi, yang sebelumnya mereka terbiasa dengan mencatat buku besar di kertas (buku), saat ini mereka dituntut untuk dapat mencatat, mengolah data danmenyimpannyadalam computer.
Namunpadadasarnya, haldemikiantidak memerlukanwaktu yang banyakuntukakuntanmenguasainya.
Teknik akuntansi merupakan alat yang digunakan untuk menganalisis, merancang dan mendokumentasikan system yang berkaitan.
Akuntan juga bias membuat system akuntansi baik untuk kebutuhan perusahaan atau pun untuk akuntan sendiri selaku konsultan.
Siklus Pengembangan Sistem
Untuk dapat merancang sebuah Sistem Informasi Akuntansi, kita harus melalui tahapan-tahapan pengembangan sistem.
-           Perencanaan (Planning)
-           Analysis (Analsis)
-           Perancangan (Design)
-           Implementasi (Implementation)
-           Pascaimpelementasi (Post Implementation)
2. SiklusAkuntansi
3. SiklusTransaksi

Karakteristik Pengembangan Sistem bertujuan untuk :
-            Untuk meningkatkan kualitas informasi.
-           Untuk meningkatkan pengendalian internal.
-           Untuk meminimalkan biaya,jika memungkinkan
.


Pendekatan system merupakan suatu prosedur untuk mengadministrasi proyek sistem.Tujuan pendekatan ini adalah untuk membantu terlaksananya pengembangan sistem yang efektif dan teratur. Pendekatan ini merupakan suatu proses yang terdiri dari enam tahap yaitu :
-            Menatapkan tujuan system.
-            Menyusun berbagai alternative solusi.
-           Meanalisis system.
-           Desain system
.
-           Implentasi system.
-           Evaluasi system.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar